SEJARAH OLAHRAGA BASEBALL DAN SOFTBALL


Salam Olahraga! Jaya!

Baseball dan Softball merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di Amerika Serikat, dan saat ini sudah berkembang di Indonesia. Kedua cabang olahraga ini memiliki banyak persamaan dan juga memiliki beberapa perbedaan. Di dalam catatan ini penulis tidak akan menjelaskan terkait perbedaan Baseball dan Softball. Melainkan jauh sebelum membahas terkait seluk beluk Baseball dan Softball, di dalam tulisan ini penulis akan membahas terkait sejarah dari kedua cabang olahraga tersebut.


Sejarah Baseball

Sejarah penciptaan dan awal kemunculan olahraga Baseball hingga saat ini masih menjadi kontroversi. Baik itu dari waktu kemunculan, termasuk siapa yang pertama kali menggagas dan memainkan olahraga Baseball.

Permainan Baseball diyakini diciptakan oleh Abner Doubleday dari Coperstown, New York pada tahun 1983. Namun pada tahun 1845, Alexander J.Cartwright membuat dan menyusun peraturan permainan Baseball.

Di Asia, khususnya di Indonesia, olahraga Baseball tidak memiliki kejelasan terkait kapan dan oleh siapa olahraga ini bisa sampai di Indonesia. Salah satu rumor yang beredar adalah bahwa olahraga Baseball telah ada sejak jaman penjajahan Jepang. Dimana pada saat itu tentara laut dari penjajah Jepang lah yang mengenalkan olahraga Baseball kepada warga di Indonesia. Namun informasi ini belum dapat dipercaya karena sampai saat ini belum ada bukti akan kebenaran informasi tersebut.


Sejarah Softball

Kemunculan Softball berawal dari suatu kejadian yang tidak disengaja di sebuah gedung olahraga, yaitu di gedung olahraga Farragut Boat Club, Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 16 September 1887.

Kejadian tersebut berawal dari beberapa alumni Universitas Yale dan Harvard yang sedang mendengarkan hasil akhir pertandingan American Football antara Yale dan Harvard. Setelah skor akhir diumumkan dimana kemenangan untuk Yale, kemudian seorang alumnus Yale dengan antusias melemparkan sarung tinju ke arah pendukung Harvard. Seseorang secara reflek mengambil sebuah tongkat, lebih tepatnya sapu, kemudian memukul ke arah sarung tinju yang dilemparkan tersebut. Melihat kejadian tersebut kemudian memberikan sebuah ide bagi George Hancock, seorang reporter Chicago Board of Trade.

Hancock menyarankan untuk membuat sebuah permainan di dalam ruangan dengan sarung tinju dijadikan sebagai bola. Sarung tinju tersebut dimodifikasi sedemikian rupa dengan beberapa ikatan tali yang diikat erat supaya menyerupai bentuk bola. Kemudian Hancock membuat beberapa garis di lantai dengan menggunakan kapur yang dimaksudkan sebagai tanda yang dibuat menyerupai bentuk lapangan Baseball. Tim dibagi menjadi dua, dan Hancock berteriak “Play Ball”, kemudian permainan dimulai. Sejak saat itu lah Baseball versi di dalam ruangan atau indoor mulai dikenal.

Pada tahun 1908, National Amateur Playground Ball Association of the United States, sebuah organisasi amatir untuk permainan atau olahraga baru, mengatur olahraga softball ini untuk dimainkan di luar ruangan dengan menggunakan bola yang lebih besar dari bola Baseball.

Pada tahun 1923, The Nationnal Recreation Congress, kongres rekreasi nasional, meminta komisi untuk mengakui olahraga ini. Dan pada tahun 1926 nama “Softball” digunakan untuk menamakan olahraga ini walaupun belum diresmikan.

Pada tahun 1933, kejuaraan dunia pertama dilaksanakan dalam lindungan Amateur Softball Association of America, asosiasi Softball amatir amerika. Saat itu juara tim putra adalah J.L.Gills dari Chicago, dan juara tim putri adalah Great Northerns dari Chicago.

Pada tahun 1934, terdapat pembentukan peraturan untuk lebih dapat memberikan standarisasi dalam permainan Softball. Di tahun 1946 terdapat perubahan peraturan terkait jumlah pemain dari yang tadinya berjumlah 10 orang menjadi 9 orang. Di tahun 1950 jarak antara pitcher’s plate dengan home plate untuk putra dirubah dari ukuran 43 kaki menjadi 46 kaki.

Kemudian di wilayah Asia, permainan Softball mulai dikenal sejak diadakan di Manila pada tahun 1968. Khususnya di Indonesia, awal kemunculan olahraga softball sama halnya seperti awal kemunculan olahraga Baseball di Indonesia. Belum diketahui secara pasti kapan olahraga Softball mulai dimainkan di Indonesia.


Sekian yang dapat penulis sampaikan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Jangan lupa cantumkan sumber referensi jika ingin menggunakan seluruh atau sebagian tulisan ini untuk keperluan pembelajaran dan yang lainnya.

Salam olahraga! Jaya!



Sumber Referensi:
Irwansyah, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, 2006, Grafindo Media Pratama
https://www.merdeka.com/pendidikan/mengamati-sejarah-perkembangan-softball-di-indonesia.html
https://www.gurumapel.com/2016/11/permainan-softball.html

Comments