Olahraga dan Bahasa, Urgensi Bahasa Bagi Para Pelaku Olahraga

Eksistensi olahraga semakin berkembang dari masa ke masa, tak terkecuali di Indonesia. Trend dan pengaruh dari olahraga yang menjamur di lingkungan masyarakat seakan menghisap siapapun dari segala elemen masyarakat, tanpa kenal usia, gender, status sosial, dan semua pembatasan lainnya. Berbagai lini kini telah termasuki unsur keolahragaan, seperti halnya dunia hiburan, ekonomi bisnis, pendidikan, gaya hidup, bahkan budaya. Hal ini, secara disadari ataupun tidak, telah memberikan pengaruh bagi masyarakat luas, yang dalam hal ini lebih banyak cenderung kepada pengaruh positif daripada sebaliknya.

Perkembangan dunia olahraga juga secara jelas berhubungan dengan dunia bahasa, dimana kedua hal ini saling mempengaruhi satu sama lain. Di dunia industri olahraga, suatu produk berbau olahraga, ambil contoh sepatu olahraga yang kini menjadi fashion trend khususnya di kalangan anak muda, akan lebih diterima oleh calon konsumen jika di deliver dengan bahasa yang baik. Dalam hal ini penggunaan bahasa yang tepat sebagai alat komunikasi produsen ke konsumen sangat berpengaruh. Beberapa hal seperti pemakaian istilah-istilah yang sedang dan masih booming di kalangan target pasar, pemakaian diksi yang tidak kaku, penggunaan slogan yang singkat dan mudah diingat, bahkan penggunaan bahasa asing terutama bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, terbukti ampuh dan masih menjadi strategi pemasaran yang jitu dari suatu produk, tak terkecuali produk-produk olahraga.

Di dunia olahraga prestasi, bahasa memiliki berbagai peran di berbagai hal. Seorang pelatih bisa jadi memerlukan pemakaian bahasa Indonesia yang disampaikan secara santai kepada para atletnya dalam rangka penyatuan visi tim dalam suatu pertandingan, di saat yang bersamaan pelatih tersebut bisa jadi akan lebih baik jika menggunakan bahasa daerah atau bahkan bahasa Inggris untuk menyampaikan apa yang diperlukan kepada atlet tertentu, di saat yang bersamaan pula pelatih bisa jadi akan lebih efektif untuk menggunakan bahasa tubuh, nonverbal, dalam menyampaikan informasi kepada para atletnya di lapangan.

Seorang atlet professional yang memiliki target go international, atau bagi para atlet yang berhasrat untuk menaikkan porsi dan level dalam kaitannya dengan prestasi ataupun gaji, secara cepat atau lambat akan menyadari bahwa penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional akan sangat diperlukan. Boleh jadi seorang atlet bisa menyewa jasa translator, tapi hal itu kurang efektif bahkan tidak akan bekerja dan berfungsi  jika kita bicara kaitannya dengan proses komunikasi di lapangan pada saat latihan ataupun pertandingan karena seorang penerjemah tidak mungkin setiap waktu akan berada disamping sang atlet. Pada akhirnya, sehebat apapun seorang atlet, jika memang berkeinginan untuk meningkatkan tingkat profesionalitas dirinya, maka bahasa adalah instrument yang wajib diperhatikan sedini mungkin.

Di dunia pendidikan, para mahasiswa dengan sendirinya semakin menyadari bahwa mengandalkan literatur berbahasa Indonesia saja sebagai sumber belajar tidaklah cukup. Perkembangan dunia olahraga di seluruh dunia mengalami fase dan tingkatan yang berbeda, dan mahasiswa yang memiliki cap kritis akan segala hal tentu perlu kritis juga dengan informasi-informasi perkembangan dunia olahraga dalam skala global, dalam hal ini sudah jelas bahwa penguasaan bahasa asing sangat diperlukan. Salah satu contoh lainnya adalah disaat seorang mahasiswa yang berhasrat untuk menimba ilmu keolahragaan lebih dalam, maka salah satu jawaban terbaiknya adalah belajar di luar negeri terutama di negara-negara yang memiliki tingkat perkembangan dunia keolahragaan yang lebih maju daripada di Indonesia seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Australia.

Pada akhirnya, apapun jenis profesinya, siapapun orangnya, apapun tujuannya, seorang pelaku olahraga akan berada pada tahap menyadari urgensi bahasa bagi kehidupan dan masa depannya. Akan ada ribuan alasan untuk tidak memulai mendalami bahasa asing, berbanding lurus dengan adanya ribuan alasan untuk mendalami bahasa asing sedini dan sejauh mungkin.


Comments